Cara Mencuci dan Merawat Sprei Anti Air

Sprei waterproof merupakan jenis sprei yang tidak tembus noda ataupun air sehingga Anda tidak perlu mencucinya setiap hari karena tidak mudah kotor. Bahan dari sprei waterproof ini katun sehingga sangat nyaman di kulit karena tidak panas dan terasa adem. Selain itu akan terasa sangat halus dan lembut di kulit serta tidak berbunyi kresek-kresek seperti sprei anti ompol yang berbahan plastik ataupun perlak.
Jika terkena noda atau kotoran yang tidak terlalu parah Anda tidak perlu mencucinya repot-repot karena dengan mengelapnya saja maka sprei akan bersih seperti semula.

Hal inilah yang menjadi kelebihan sprei waterproof. Namun jika kotoran sudah terlalu membandel tentu Anda tetap harus mencucinya bukan? Sedangkan untuk mencuci jenis sprei waterproof ini tidak seperti mencuci sprei pada umumnya.
Untuk lebih jelasnya berikut ini cara mencuci dan merawat sprei anti air:

Cara Mencuci Sprei Waterproof

  1. Jika kotoran pada sprei anti air Anda tidak terlalu banyak, cukup lap saja menggunakan kain basah lalu keringkan.
    Namun apabila kotoran terlalu banyak ataupun terkena ompol maka bersihkan terlebih dahulu kotoran maupun ompol tersebut sebelum melakukan perendaman.
  2. Rendam sprei agar kotoran yang menempel bisa terangkat. Anda bisa menambahkan detergent secukupnya saja. Namun sebaiknya perendaman tidak terlalu lama karena bisa merusak tekstur bahan.
  3. Setelelah direndam, kucek sprei menggunakan tangan apabila Anda ingin menyikatnya usahakan jangan terlalu keras agar kain tidak rusak.
  4. Setelah dirasa noda-noda yang menempel sudah bersih, bilas menggunakan air mengalir hingga bersih. Jika perlu lakukan berulang-ulang sampai busa benar-benar hilang.
  5. Keringkan sprei yang berbahan kain anti air di tempat yang teduh, namun jangan langsung di bawah terik matahari.

Cara Merawat Sprei Anti Air

  1. Cara merawat sprei anti air ini tidak boleh asal-asalan, apabila terkena ompol segera bersihkan karena air ompol mengandung asam sehingga bisa merusak bahan dari sprei ini.
    Jika terkena noda, segera bersihkan langsung dengan lap basah.
  2. Jika Anda ingin menyetrikanya, atur suhu agar tidak terlalu panas dan setrika bagian atasnya saja yang sebelumnya sudah dilapisi kain tipis terlebih dahulu.
  3. Sebaiknya pencucian tidak dilakukan di mesin cuci.
  4. Penggunaan waterproof ini sebaiknya dilapisi terlebih dahulu menggunakan bedcover biasa di bagian atasnya.

Kelebihan lain dari sprei sprei dengan bahan anti air ini sewaktu dipasang adalah akan terlihat selalu rapi karena menggunakan karet import. Sangat cocok untuk Anda yang memiliki anak kecil/bayi yang masih mengompol ataupun untuk Anda yang alergi terhadap tungau dan debu yang sering menempel di tempat tidur.

Bagi Anda yang memiliki orangtua jompo dan menginginkan tempat tidur yang selalu rapi juga cocok menggunakan jenis sprei yang satu ini.